Apa Perbedaan Supermarket, Hypermarket, serta Departement Store?

Apa Perbedaan Supermarket, Hypermarket, serta Departement Store?


Gambar : unsplash.com


KOMPAS. com- Banyak masyarakat yang berpandangan kalau supermarket, hypermarket, serta departement store merupakan hal yang sama. Padahal ketiganya ialah tipe pusat perbelanjaan yang berbeda. Perbedaan ketiga yakni ada pada dimensi luas, dan tipe barang yang dijual. Hal ini merujuk pada Peraturan Presiden No 112 Tahun 2007 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan, serta Toko Modern. Berikut perbedaan antara supermarket, hypermarket, serta departement store berlandaskan luasan lantai:


  • Supermarket merupakan pusat belanja modern dengan luasan lantai antara 400 hingga 5. 000 m persegi
  • Hypermarket merupakan pusat belanja modern dengan luasan lantai di atas 5. 000 m persegi
  • Departement store merupakan pusat belanja modern dengan luasan lantai di atas 400 m persegi

Dalam ketentuan tersebut, antara supermarket serta departemen store bisa jadi mempunyai luasan yang sama sebab ketentuannya di atas seluas 400 m persegi. Perbedaan supermarket serta departement store merupakan terletak pada tipe barang yang dijual. Departement store merupakan pusat belanja yang menjual secara eceran barang konsumsi utamanya produk sandang serta perlengkapannya dengan penataan barang berlandaskan jenis kelamin serta usia konsumen.

Contoh departemen store di Indonesia yaitu Matahari, Ramayana, serta Mitra Adiperkasa. Sedangkan supermarket merupakan pusat belanja yang menjual secara eceran bermacam barang konsumsi paling utama produk makanan serta rumah tangga lainnya, termasuk sandang. Sebab menjual berbagai macam barang, itu sebabnya supermarket pula seringkali diucap dengan Toserba alias toko serba ada. Toserba dengan luasan di bawah 400 m persegi, masih menurut Perpres No 112 Tahun 2007, kemudian disebut dengan minimarket.

Sebagian contoh supermarket antara lain Giant, Luwes, Yogya, Mitra, Superindo, Foodhall, serta TipTop. Kemudian contoh Hypermarket dengan luasan lantai di atas 5. 000 m persegi di Indonesia ialah Transmart, Goro, serta Lottemart.


Sumber : https:// money. kompas. com/ read/ 2021/ 08/ 16/ 082118826/ apa- perbedaan- supermarket- hypermarket- dan- departement- store.


To Top