Warung Kelontong, Solusi Mengais Rejeki Di Tengah Pandemi

Pandemi Covid- 19 membuat banyak orang kehilangan pekerjaannya akibat menyusutnya seluruh sektor usaha ataupun bisnis. Tidak tinggal diam, bermacam upaya dicoba buat tetap bertahan ditengah keadaan ekonomi yang makin susah. Salah satunya dengan membuka usaha kecil- kecilan semacam warung kelontong.


Gambar : unsplash.com


Dengan membuka toko kelontong, Kamu dapat menjual benda apa saja yang diperlukan oleh sebagian besar orang. Apalagi, bila dibanding dengan membuka toko warung makan, membuka warung kelontong jauh lebih sederhana serta menguntungkan khususnya di tengah pandemi ini. Tidak cuma lebih gampang, membuka toko kelontong pula tidak membutuhkan modal yang besar. Membuka warung kelontong bisa memberikan keuntungan yang berkesinambungan.

Buat Kamu yang mempunyai modal sedikit membuka warung kelontong ialah hal yang tidak boleh dilewatkan. Alasannya membuka warung kelontong dapat jadi solusi buat permasalahan ekonomi Kamu, dengan modal yang kecil Kamu bisa meraup keuntungan yang besar dan resiko yang didapatkan tergolong kecil pula.

Akan tetapi hendaknya saat sebelum Kamu memandang keuntungan yang besar, Kamu pula wajib bersiap pada permasalahan yang hendak dialami bila Kamu berniat membuka usaha warung kelontong semacam harga sembako yang naik turun, bersaing dengan toko sembako lain, hingga terdapatnya pelanggan yang tidak menutup mungkin akan berhutang pada toko Kamu.

Setelah Kamu menguasai serta siap akan permasalahan yang bisa jadi terjadi di kemudian hari maka jangan ragu buat segera mengawali usaha warung kelontong Kamu. Ada pula keuntungan dari membuka warung kelontong sebagai berikut:


- Usaha sembako senantiasa diperlukan masyarakat.

- Modal usaha sangat fleksibel.

- Stok barang gampang didapat.

- Lokasi usaha sangat fleksibel, dapat dilakukan di rumah tinggal Kamu sendiri.

- Perhitungan keuntungan jelas.

- Usaha yang dapat terus dibesarkan bahkan sampai menjadi usaha grosir.

- Bukan usaha musiman, sebab terus berjalan sepanjang tahun.


Buat memperoleh keuntungan tersebut, Berikut ini ialah panduan sukses membuka warung kelontong dengan modal kecil serta memperoleh keuntungan besar yang bisa Kamu jalani.


Mempunyai rencana warung kelontong yang matang

Saat sebelum melaksanakan sesuatu bisnis, Kamu wajib mempunyai rencana yang matang terlebih dulu. Rencana yang tersusun dengan baik bakal memastikan keberhasilan bisnis warung kelontong yang Kamu lakukan.


Mengadakan riset pasar

Riset pasar ialah hal mendasar yang wajib Kamu perhatikan sehabis memiliki rencana yang matang. Beberapa tipe riset pasar yang wajib Kamu jalani meliputi:


Tingkat persaingan

Buat melakukan riset tingkat persaingan, Kamu bisa melaksanakannya dengan metode mendatangi sebagian toko sembako yang ramai pembeli, kemudian mengamati tipe benda apa yang ramai dipasaran


Lokasi usaha

Memilah lokasi usaha pula ialah aspek penentu keberhasilan warung kelontong Kamu. Posisi yang akan digunakan wajib strategis serta dilewati oleh banyak orang, sehingga kesempatan ramai pembeli semakin besar. 


Memperhitungkan modal

Modal usaha pula wajib dicermati dengan teliti supaya warung kelontong bisa dijalankan sesuai dengan rencana awal. Modal bisnis wajib dibuat secara terperinci supaya jelas serta sesuai dengan rencana serta konsep awal.

Modal awal bisa berbentuk peralatan toko yang menjadi bagian terutama yang wajib dicermati saat sebelum mendirikan usaha warung kelontong. Beberapa peralatan yang wajib disiapkan tersebut bakal mendukung keberhasilan bisnis yang Kamu jalankan.


Tipe perlengkapan toko yang wajib diperhatikan semacam:

- Meja serta kursi kasir

- Etalase ataupun rak

- Timbangan

- Buku nota

- Kalkulator

- Keranjang belanja


Sediakan tempat penyimpanan barang

Dalam membuka usaha kelontong tempat penyimpanan sangat dibutuhkan hal itu bermanfaat buat mengantisipasi misalnya, bila harga bahan pokok hendak naik sebagian bulan ke depan, Kamu bisa menyetok persediaan benda dagangan Kamu.

Hal ini pasti bakal meningkatkan keuntungan yang lebih besar lagi pada toko Kamu. Simpanlah stok benda Kamu di gudang penyimpanan yang bersih serta terpelihara supaya mutu barang- barang yang dimiliki senantiasa bagus walaupun sudah ditaruh lama.


Mencermati tata letak barang

Setelah seluruh hal sudah dipersiapkan dengan matang, berikutnya merupakan memperhatikan tata letak benda yang terdapat di toko. Semua beberapa barang yang terdapat di toko hendaknya ditata dengan rapi serta menarik. Tidak hanya buat menarik minat konsumen, menata produk jualan pula mempermudah pembeli buat menjangkau barang- barang tersebut.

Bila Kamu sudah melaksanakan seluruh panduan tersebut sudah bisa ditentukan kalau keuntungan besar telah menanti warung kelontong Kamu. 


Sumber : https://www.paper.id/blog/bisnis/warung-kelontong/

To Top