Tahapan Memulai Bisnis Minimarket

Berapa modal yang wajib disiapkan buat mengawali usaha minimarket? Banyak pengusaha perseorangan, bukan dari perusahaan franchise, yang menghendaki modal minimal serta kepraktisan akan membuka suatu mini market yang memakai sistem franchise. Kita cuma butuh mengajukan pesan permohonan kerja sama, persyaratan tempat usaha sesuai standard mereka serta karyawan. Apabila disetujui, kita dapat segera membuka suatu mini market dengan sistem franchise.


Gambar : unsplash.com


Produk serta seluruh sistem pengoperasian mini market sampai komisi akan diatur oleh sistem perusahaan. Namun apabila mempunyai modal yang cukup besar, katakanlah di atas Rp100 juta, dianjurkan membuka usaha mini market sendiri.


Awal mulanya silahkan menghitung biaya yang akan dikeluarkan tiap m persegi. Pengamat Keuangan Redmond Medan, Mariana berkata, rasio investasi sebuah minimarket mulai dari Rp 3– Rp 5 juta per m persegi. Dengan demikian bila mau membuka usaha minimarket dengan luasan 50 m persegi paling tidak modal yang dibutuhkan diluar bangunan merupakan Rp 150- 250 juta yang berisi 20 rak.


Langkah selanjutnya yang wajib dipunyai pebisnis yang mau mempunyai minimarket ialah mutlak wajib mempunyai tempat usaha diluar modal. Idelnya luas minimarket mulai dari 50 m2 hingga 150 m2. Walaupun cuma mempunyai ruko ataupun tempat usaha cuma 50 m2, tetapi usahakan lebar bagian depan tempat usaha tidak kurang dari 5 m. Yang membedakan mini market dengan supermarket besar yaitu jumlah orang yang lalu lalang di kawasan tersebut. Karena 80 persen pengunjung minimarket ialah orang pejalan kaki, sehingga cari lokasi yang mudah dijangkau pejalan kaki. Pastikan posisi usaha yang akan dibangun minimarket tersebut terletak di kawasan stratagis semacam ruko kompleks perumahan, pinggir jalan yang ramai ataupun sepanjang jalar masuk mengarah kompleks perumahan.


Kemudian cari lokasi usaha. Ini yang penting. Kecil saja, tidak wajib lokasi yang luas ataupun besar. Jika lokasi rumah strategis, dapat dibangun di rumah. Atau juga dapat menyewa bangunan ataupun ruko yang agak besar di tengah kota. Kemudian direnovasi serta didesain sedemikian rupa sampai menarik. Jangan lupa suatu hal penting, yakni lahan parkir. Tidak wajib besar, namun cukup nyaman serta aman buat parkir kendaraan. 

To Top