5 Inovasi Warung Kelontong Dalam Bertahan Mengarungi Pandemi

Pandemi Covid- 19 sudah menyeret jatuh perekonomian serta seluruh zona usaha. Banyak pelaku usaha yang merasakan penyusutan pemasukan akibat daya beli masyarakat yang melemah. Mempertahankan usaha di tengah pandemi sebesar ini memanglah merupakan perjuangan yang sangat berat, sehingga mempunyai strategi bisnis yang pas di tengah pandemi sangat dibutuhkan.

Gambar : unsplash.com


Tidak cuma itu pembatasan kegiatan masyarakat di luar rumah juga pula jadi aspek terbesar menyusutnya usaha ataupun bisnis. Terdapatnya pembatasan kegiatan di luar rumah ataupun physical distancing tanpa disadari pula menyebabkan pergantian perilaku warga terhadap pembelian serta pemilihan benda.


Salah satunya pada usaha warung kelontong. Dalam menghadapi pandemi yang tidak kunjung usai ini para pelaku usaha warung kelontong dituntut buat senantiasa produktif supaya bisa tetap bertahan dalam masa pandemi ini. Untuk itu dibutuhkan inovasi serta kreativitas lebih dalam melaksanakan usaha toko kelontong di masa pandemi semacam:


Inovasi produk berdasarkan kebutuhan

Membuat inovasi produk berdasarkan kebutuhan merupakan salah satu strategi buat bertahan di tengah pandemi. Salah satu contohnya ialah sediakan benda yang diburu oleh masyarakat dalam masa pandemi semacam, sabun pembersih tangan, desinfektan, hand sanitizer, minuman racikan jamu untuk tingkatkan imun badan, serta vit c. Beberapa barang tersebut dapat jadi daya tarik tertentu untuk toko kelontong mu.


Memberikan sarana layanan pengiriman barang

Pada masa pandemi semacam ini selaku pelaku usaha Kalian tidak dapat lagi berpangku tangan pada pembeli ataupun mengharapkan pelanggan yang tiba ke toko kelontong Kalian buat membeli barang. Pada masa pandemi ini strategi menjemput bola sangat efisien dicoba seperti bila tokomu berjualan secara daring, hingga kalian bisa menggunakan aplikasi semacam whatsapp ataupun sosial media. Dengan berjualan secara daring hingga pembeli ataupun pelanggan tidak perlu repot buat datang berbelanja ke toko mu.

Tidak hanya itu menggunakan layanan pengiriman dalam hari yang sama agar produk dapat diterima secara kilat oleh konsumen pula ialah salah satu inovasi yang baik. Dengan metode tersebut bisa membuat konsumen merasa dimanjakan serta dimudahkan dari sarana yang tokomu sajikan.


Inovasi sistem pembayaran digital di warung kelontong

Pembayaran tunai hingga saat ini masih eksis di tengah masyarakat. Tetapi bersamaan berkembangnya teknologi, digitalisasi sistem pembayaran pula ikut tumbuh. Khususnya di masa pandemi ini, pembayaran secara tunai merupakan salah satu hal yang sangat dihindarkan, dikarenakan uang tunai yang kerap berpindah tangan dapat jadi sarang bermacam kuman dan virus.

Bila warung kelontong mu memakai sistem pembayaran digital maka konsumen ataupun pelanggan yang berbelanja di toko kelontong mu pula akan merasa lebih nyaman serta terlebih warung kelontongmu sudah turut ambil bagian dari upaya penangkalan penyebaran virus di masa pandemi ini.


Melaksanakan promosi

Pastikan kalian senantiasa melaksanakan promosi kepada masyarakat di sekitar tokomu. Bila toko kelontong kalian terletak di pemukiman masyarakat, promosi dengan mulut ke mulut merupakan opsi yang sangat cocok. Kalian dapat menginfokan kepada warga dekat jika toko kelontong kalian banyak sediakan kebutuhan pokok sehari hari yang mereka butuhkan.

Kalian pula dapat melaksanakan promosi dengan membagikan diskon pada pembelian kedua, tentu saja dengan memperhitungkan keuntungan yang pas supaya toko kelontongmu tidak alami kerugian.


Jaminan pengembalian benda yang rusak

Benda rusak ataupun cacat memanglah telah semestinya diretur, sebab bila dipaksakan buat diterima oleh pembeli, hal ini akan pengaruhi kredibilitas toko kelontong mu. Dengan memberikan garansi ataupun pengembalian benda terhadap benda yang rusak, maka akan membuat para pelanggan mu merasa puas serta yakin dikala membeli benda di warung kelontongmu. 


Sumber : https://www.paper.id/blog/bisnis/inovasi-warung-kelontong/

To Top